Home » » Berkenalan Dengan Tubuh Sendiri

Berkenalan Dengan Tubuh Sendiri

Written By @Adimin on 29 January, 2013 | January 29, 2013


Ada kalanya ketika kita pusing atau sakit kepala, namun jika bijak pada tubuh, maka tentu kita tidak akan segera mencari obat untuk antinya. Tapi akan segera dan secepat mungkin mencari sumber dan penyebabnya. Perlu dipahami bahwa pusing umumnya hanya dampak dari penyakit lain. Hampir 75%, pusing disebabkan oleh gangguan pencernaan. Sesungguhnya sangatlah tidak bijak kalau kita cuma meredam rasa sakit kepala dengan berbagai obat kimia. Itu hanya salah satu contoh saja.
Tubuh selalu memberi kita sinyal agar seluruh aktivitas kita sesuai dengan yang tubuh inginkan, sebagai contoh:

1. Rasa lapar merupakan sinyal positif tubuh yang memberi informasi kepada kita bahwa mesin pengolahan makan kita sudah kosong dan sudah siap diisi lagi. Sebaiknya makan itu tidak dengan acuan jam, tetapi dengan acuan rasa lapar. Sangat banyak kebiasaan orang makan sebelum lapar, makan dengan patokan jam, dan sangat banyak orang menunda-nunda waktu makan ketika sinyalnya sudah muncul, yang berefek pada meningkatnya asam lambung dan mengganggu keseimbangan sistem pencernaan kita. Akhirnya muncul penyakit seperti gastris atau gastric uler (radang atau luka tukak lambung).

2. Rasa haus. Rasa haus merupakan sinyal positif tubuh. Tubuh meminta kita untuk agar menambah cadangan air dalam tubuh kita. Mayoritas kita tidak tahu kapan sebaiknya kita minum, berapa banyak tubuh manusia membutuhkan air dalam satu hari.
3. Rasa ngantuk. Rasa ngantuk merupakan sinyal positif tubuh. Tubuh memohon agar kita segera menidurkannya atau mengistirahatkannya. Betapa banyak orang memaksakan tubuhnya untuk tetap terjaga dengan berbagai macam tonik atau obat obatan untuk memacu tetap segar, ketika sinyal positif rasa kantuk muncul, padahal dia memperbudak tubuhnya sendiri dengan memaksakan proses alami tubuh.

4. Rasa letih. Rasa letih merupakan sinyal positif tubuh, yang mungkin kita sudah memaksa tubuh bekerja berlebihan, menguras fisik dan pikiran, dan tubuh berharap kita mengistirahatkannya, agar energi kita kembali pulih seperti biasa. Berbagai minuman energi dipasaran hanya akan memaksa tubuh tetap segar sesaat yang dipaksakan dan akan berefek terganggunya sistem keseimbangan tubuh dan penyakit.

5. Rasa mual. Rasa mual merupakan sinyal positif tubuh yang tidak boleh diredam dengan berbagai macam obat anti mual. Sebetulnya rasa mual mengindikasikan mesin pengolah makanan kita sedang rusak atau bermasalah, bahkan mungkin banyak penumpukan toksin atau organ pencernaan, yang membuat kita harus bijak melakukan membersihkan atau yang dikenal dengan istilah detoksifikasi. Tugas kita adalah segera memperbaiki dan mengisti- rahatkannya dengan memberi makan yang sangat ringan dicerna dan mempunyai efek cleansing atau membersihkan, seperti berbagai jus buah dan sayuran yang sesuai kebutuhan tubuh dan gejalanya. (Jenis makanan harus disesuaikan dengan faktor penyebab gejala mualnya).

Mudahkan mengenali tubuh kita?

posted by Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger