pic

Powered by Blogger.

Humas PKS Ikuti Worshop Jurnalistik Pada Rapat Koordinasi

Humas PKS se-Sumatera Barat melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) yang berlangsung pada tanggal 4 - 6 November 2022 di Padang, Senin (5/11) ...

Search This Blog

Latest Post

"Fakta Persidangan: ternyata AF hanya mencatut nama LHI, Hilmi dan PKS"

Written By Sjam Deddy on 16 May, 2013 | May 16, 2013



  1. Analisis persidangan perkara suap kuota impor daging bagian tiga (3).

  2. Persidangan terdakwa arya dan juard effendy bersaudara telah masuk pemeriksaan fakta lanjutan.

  3. Pekan2 lalu jaksa penuntut umum (JPU) membawa bukti cctv di indoguna.

  4. Tujuan JPU utk membuktikan uang suap Rp1 M yg ditangkap KPK dari AF adl uang indoguna.

  5. Bukti lain yg dibawa KPK adalah saksi2 yg mengumpulkan uang itu untuk diserahkan ke AF.

  6. Pendeknya, uang suap Rp1 M itu memang terbukti berasal dari Indoguna.

  7. Setelah itu KPK ingin membuktikan untuk apa uang tersebut. Benarkah utk suap?

  8. JPU KPK membawa saksi pemilik Indoguna Maria Elizabeth dan asosiasi importir daging Elda.

  9. Apa isi kesaksian Maria dan Elda pada persidangan kemarin?

  10. Maria mengaku uang itu diminta AF utk dijadikan sumbangan ke safari dakwah PKS.

  11. Keterangan Maria ini bila tak diperhatikan seksama terkesan memang uang suap itu utk PKS.

  12. Namun bila kita teliti, keterangan bahwa uang suap itu utk PKS diketahui Maria dari AF.

  13. Maria tak mengatakan permintaan sumbangan itu berasal dari LHI atau elit PKS. Tapi hanya pengakuan dari AF.

  14. Disini secara jelas bahwa AF mencatut nama PKS utk mengambil uang dari Indoguna.

  15. Hal sama kita lihat dari isi keterangan saksi Elda yg didatangkan KPK di persidanga arya dan juard.

  16. Elda juga bersaksi bahwa LHI berjanji akan mempertemukan Indoguna dgn Mentan.

  17. Janji itu didengar Elda dlm pertemuan di angus steak house antara elda, maria, AF dan LHI.

  18. Pertemuan itu seperti keterangan Maria digagas oleh Elda bekerjasama dengan AF.

  19. LHI menurut Elda dan Maria datang belakangan. Maria mengatakan AF lalu mengenalkan LHI.

  20. Maria dan Elda juga bersaksi bahwa AF menjanjikan bahwa Ust Hilmi akan bertemu Suswono utk membantu Indoguna.

  21. Maria bersaksi dlm pertemuan itu LHI sebenarnya hanya mendengar sambil menerima telepon. Dia tak dengar janji LHI seperti kata Elda.

  22. Apa yg bisa kita simpulkan dari episode keterangan Maria dan Elda ini?

  23. Tampaknya pertemuan di Angus Steak House ini yg diandalkan KPK untuk membuktikan AF identik dgn LHI. Selain itu juga pertemuan Medan.

  24. Untuk mengganti tidak adanya rekaman sadapan yg berisi instruksi LHI ke AF utk ambil suap.

  25. Ini berarti dugaan kami bahwa KPK tak punya rekaman sadapan yg berisi perintah LHI ke AF utk ambil suap benar adanya.

  26. Apakah pertemuan di Angus Steak House itu sudah menjadi bukti sahih bahwa uang suap Rp1 M itu utk LHI?

  27. Atau apakah sudah membuktikan sepak terjang AF yg menghubungi para importir karena perintah LHI?

  28. Hingga perbuatan AF, menjanjikan kenaikan kuota dan menarik suap dari importir, bisa disamakan sbg perbuatan LHI.

  29. Kesaksian Elda dan Maria soal pertemuan di Angus Steak House (ASH) belum bisa jadi bukti.

  30. Mengapa. Apa yg dibahas dlm pertemuan itu soal masalah data kementan yg menganggap kecukupan produksi lokal keliru.

  31. Maria dan Elda ingin meyakinkan bahwa pengurangan kuota impor yg dilakukan kementan salah.

  32. Maria dan Elda juga ingin meyakinkan bahwa akibat salahnya data mentan tentang kesediaan sapi lokal, daging menjadi langka.

  33. Akibat kelangkaan daging ini, selain harga jadi mahala juga membuat maraknya oplosan daging sapi dengan daging babi.

  34. Kasus ini disebutkan para pertemuan dari importir itu, tentu akan mencoreng muka PKS. Sebab Mentan adalah kader PKS.

  35. Disini terlihat importir dan AF mencoba menarik perhatian LHI sebagai Presiden PKS soal masalah kuota dgn isu babi.

  36. Itu sebabnya, LHI dlm pertemuan itu bilang ke Maria, "ya bawa data yg lengkap dan bicarakan dgn mentan". Ini reaksi yg wajar.

  37. Inilah yg kemudian melatar belakangi pertemuan LHI, Indoguna, Elda, AF dan Suswono di Medan.

  38. Pertemuan Medan ini sudah diketahui media massa saat kasus ini disidik. Isinya adu data seperti tuits kami sebelumnya. Mentan menolak.

  39. Kesimpulannya; pertemuan di Angus Steak House sama dgn pertemuan Medan. Tak bukti LHI ingin membantu kuota naik.

  40. Namun AF menggambarkan ke Indoguna berbeda. Lalu meminta upah dgn alasan PKS.

  41. Sampai disini fakta yg terungkap justru baru sebatas AF mencatut LHI, Hilmi dan PKS.

  42. Sampai disini juga terlihat bukti yg dimiliki KPK sangat lemah. Padahal kesaksian LHI belum diperiksa di persidangan.

  43. Kesaksian LHI yg jadi terdakwa skaligus saksi utk Arya dan Juard Effendy tentu akan kian melemahkan bukti KPK.

  44. Kesimpulan kami: dgn bukti yg disodorkan KPK itu, bila hakimnya jujur akan menyimpulkan tidak ada bukti uang utk LHI. Tapi utk AF.

  45. Pertemuan di Angus Steak House Jakarta dan Medan tak bisa menjadi bukti sepak terjang AF mewakili LHI.

  46. Kami sepakat secara umum kasus suap impor daging ini adalah pencatutan nama yg dilakukan AF yg memanfaatkan kedekatannya dgn LHI.

  47. Sekian tuits kami ini, semoga bermanfaat. Informasi untuk semua.

*sumber: http://chirpstory.com/li/78942


posted by @Adimin

Konspirasi atau Makar Dalam Perspektif Al-Quran



Makar atau konspirasi sebuah istilah yang sudah familiar pada umumnya orang. Merujuk kepada Ensiklopedia Hukum Islam terbitan PT Ichtiar Baru Van Hoeve, kata makar berasal dari bahasa Arab al-makr sama artinya dengan tipu daya/tipu muslihat atau rencana jahat. Secara semantik makar mengandung arti: akal busuk, perbuatan dengan maksud hendak menyerang orang, dan perbuatan menjatuhkan pemerintahan yang sah. Arti dan pengertian tersebut dikuatkan oleh beberapa ahli dari kaum cendikian muslim.

Perbuatan makar dapat dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang didahului dengan konspirasi politik, mufakat jahat, dan intrik untuk mencapai tujuan politiknya. Dalam Alquran disebutkan beberapa ayat ayat tentang makar diantaranya yaitu: Surat Ali Imran (3) ayat 54; Al An'am (6) ayat 123; Al A'raf (7) ayat 99,123; Al Anfal (8) ayat 30; Yunus (10) ayat 21; Yusuf (12) ayat 31,102; Ar Ra'd (13) ayat 33, 42; Ibrahim (14) ayat 46, An Nahl (16) ayat 45,127; An Naml (27) ayat 50, 51, dan 70; As Saba (34) ayat 33; Fatir (35) ayat 10 dan 43; serta Nuh (71) ayat 22, yang semuanya mengandung pengertian bahwa makar adalah suatu perbuatan atau usaha untuk menentang atau membunuh seseorang yang tidak disenangi atau dianggap musuh/saingan, baik dalam hal agama maupun keduniawian dengan cara tipu daya, tipu muslihat, atau perbuatan lainnya yang bertentangan dengan agama Islam.
Kajian makar dalam perspektif Al-Qur'an, bukan saja memotret makar dalam kajian "tafsir" tentang ayat-ayat makar, tetapi lebih kepada sebuah telisik mendalam terhadap makar kafirin terhadap umat islam yang dipotret dari sisi ta'wil al-Qur'an sekaligus "menelanjangi" apa yang mereka perbuat. Hal ini setidaknya ada 2 alasan yang mendasar untuk dikaji;

1. Adanya benang merah antara makar yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam (kafir harbi) dengan datangnya kegoncangan dahsyat dibumi dan langit (al-saah) menjelang datangnya hari kiamat.
2. Adanya benang merah antara historis teologis (Adam vs Iblis) pertempuran al-Haq dan al-batil yang merupakan sunnatullah kehidupan dan fitnah (ujian bagi orang yang beriman).

Untuk yang pertama, ekplorasi terhadap makna saah dalam al-Qur'an beragam maksud (wujuhl ma'na) antara lain; waktu, saah, huru hara dahsyat, pintu saah, kegoncangan, kebangkitan. Semua memiliki maksud yakni sebagai inzar (peringatan) bagi orang yang beriman supaya mempersiapkan diri akan kedatangannya, karena dia merupakan fitnah yang terbesar yang dialami manusia khususnya bagi orang yang beriman.
Diantara ayat yang memiliki relevansi dengan makna huru-hara dahsyat menjelang terjadinya saah adalah Al-Hajj ayat 1
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ إِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيمٌ
Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya keguncangan saah itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat).
Kegawatan pada saat terjadinya saah dilukiskan pada ayat seterusnya,(ayat ke-2)

(Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat keguncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi adzab Allah itu sangat keras.

Mengenai datangnya saah Al-Qur'an menyebutkan telah dekat,tersurat al-Ahzab ayat 63,
يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللَّهِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيباً
Manusia bertanya kepadamu tentang saah. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang saah itu hanya di sisi Allah". Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi saah itu sudah dekat waktunya.
Pada ayat diatas disebutkan "Sesungguhnya pengetahuan tentang saah itu hanya di sisi Allah" menunjukan bahwa kedatangan saah dapat diketahui oleh manusia berdasarkan " ilmu Allah" (al-Qur'an). Orang yang mengetahui ilmu Allah (al-Qur'an) adalah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sehingga ketika Nabi ditanya tentang waktu pas terjadinya saah, beliau merahasiakannya, tetapi tanda-tandanya beliau diantaranya;
قَالَ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا وَيَقِلَّ الرِّجَالُ وَيَكْثُرَ النِّسَاءُ حَتَّى يَكُونَ لِلْخَمْسِينَ امْرَأَةً الْقَيِّمُ الْوَاحِدُ
Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah bersabda. "Sesungguhnya di antara tanda-tanda saah adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki." (HR Bukhari)
Berikut tanda-tanda saah lain yang disebutkan dalam hadits Nabi;

1. Disia-siakannya amanat
Jabir r.a. berkata, tatkala Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berada dalam suatu majelis sedang berbicara dengan sahabat, maka datanglah orang Arab Badui dan berkata, "Kapan terjadi Saah ?" Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam terus melanjutkan pembicaraannya. Sebagian sahabat berkata, "Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya." Berkata sebagian yang lain, "Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak mendengar." Setelah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyelesaikan perkataannya, beliau bertanya, "Mana yang bertanya tentang Saah?" Berkata lelaki Badui itu, "Saya, wahai Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam." Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Berkata, "Jika amanah disia-siakan, maka tunggulah saah." Bertanya, "Bagaimana menyia-nyiakannya?" Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Menjawab, "Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah saah." (HR Bukhari)

2. Penggembala menjadi kaya
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda saah, lalu beliau menjawab, "Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang, dan miskin, penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan." (HR Muslim)

3. Banyak terjadi pembunuhan
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, "Tiada akan terjadi saah, sehingga banyak terjadi haraj.. Sahabat bertanya apa itu haraj, ya Rasulullah?" Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Menjawab, "Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan." (HR Muslim)

4. Banyak polisi dan pembela kezhaliman
"Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka." (HR At-Tabrani)

5. Perang antara Yahudi dan Umat Islam
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, "Tidak akan terjadi saah sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai ada seorang yahudi bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon, ‘Wahai muslim, wahai hamba Allah, ini yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia.' Kecuali pohon Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi." (HR Muslim)

6. Dominannya Fitnah
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, "Tidak akan terjadi saah, sampai dominannya fitnah, banyaknya dusta dan berdekatannya pasar." (HR Ahmad).

7. Banyaknya kaum wanita
Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda. "Sesungguhnya di antara tanda-tanda saah adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki." (HR Bukhari)

8. Bermewah-mewah dalam membangun masjid
Dari Anas ra. bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, "Diantara tanda saah adalah bahwa manusia saling membanggakan dalam keindahan masjid." (HR Ahmad, An-Nasa'i dan Ibnu Hibban)

9. Menyebarnya riba dan harta haram
Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, "Akan datang pada manusia suatu waktu, setiap orang tanpa kecuali akan makan riba, orang yang tidak makan langsung, pasti terkena debu-debunya." (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

10. Bertebarannya perkara yang subhat
Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, "Akan datang pada manusia suatu saat di mana seseorang tidak peduli dari mana hartanya didapat, apakah dari yang halal atau yang haram." (HR Ahmad dan Bukhari)
Sedangkan mengenai kejadiannya disebutkan dalam al-Qur'an , saah itu datang dengan tiba-tiba,
أَفَأَمِنُواْ أَن تَأْتِيَهُمْ غَاشِيَةٌ مِّنْ عَذَابِ اللّهِ أَوْ تَأْتِيَهُمُ السَّاعَةُ بَغْتَةً وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ
Apakah mereka merasa aman dari kedatangan siksa Allah yang meliputi mereka, atau kedatangan saah kepada mereka secara mendadak, sedang mereka tidak menyadarinya?
Ada dua kata kunci dari ayat tersebut mengenai terjadinya saah yaitu " secara tiba-tiba" dan "tanpa disadari" yang menjadi benang merah dengan makarnya kaum kuffar. Dalam artian kejadian saah adalah rekayasa atau makarnya orang-orang kafir.

Yang kedua, analisis terhadap ayat-ayat makar dan ayat /surat yang semakna semakna denganya (dengan teori munasabat ayat/surat) menunjukan bahwa dalam dimensi konteks, makar berada pada tataran deskriptif teologis dengan alur wacana naratif (ayat-ayat kisah) dimana perlakuan terhadap ayat-ayat tersebut tidak dengan tafsir tapi dengan ta'wil (mencari makna diluar teks). Oleh karenanya, sisi sebab-sebab pewahyuan (asbab-al-nuzul) tidak terlalu ditekankan. Ayat-ayat makar meniscayakan pembacaan teologis ,filosofis. Pada sisi ini konteks sosio cultural (makiyah-madaniyah) dan linguistic sangat berperan dalam mencari sesuatu yang tidak terkatakan (masku ‘anhu).
Secara deskriptif-naratif, makar disebutkan dalam kisah-kisah para nabi sebelum Nabi Muhammad, dimulai dari kisah Nabi Adam, Hud, luth, Musa dan yang lainnya. Dan semua kajian tentang makar terakumulasi pada satu kisah yang sempurna yakni Surat Yusuf surat ke-12 dalam al-Qur'an. Dalam kajian fenomenilogi Al-Qur'an angka ke-12 ini memiliki karakter-karekter tertentu ketika dihubungkan dengan jumlah ayatnya 111 ayat. Inilah yang disebutkan dalam surat yusuf ayat ke-7 dan ayat ke-111
لَّقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ آيَاتٌ لِّلسَّائِلِينَ
Sesungguhnya ada beberapa tanda-tanda kekuasaan Allah pada (kisah) Yusuf dan saudara-saudaranya bagi orang-orang yang bertanya. (Yusuf:7)
لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّأُوْلِي الأَلْبَابِ مَا كَانَ حَدِيثاً يُفْتَرَى وَلَـكِن تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلَّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ
Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (QS Yusuf:12:111)
Dalam arti yang sederhana, untuk memahami tentang makar, maka yang menjadi kunci adalah mendalami dan memahami ta'wil dari surat Yusuf. Dimana issue sentral dari kisah tersebut adalah pergulatan antara al-Haq dan al-Bathil yang menjadi sunatullah kehidupan manusia dialam dunia ini, yang disimbolkan pertama kali oleh Nabi Adam versus Iblis. Kelanjutannya adalah Nabi-nabi setelahnya dan manusia beriman versus setan baik yang berada diluar kesadaran (dunia material) yakni setan dari kelompok jin dan manusia atau yang berada dalam kesadaran manusia (hawa nafsu dan pemikiran jahat). Inilah yang disinyalir dalam surat al-An'am ayat ke-112
وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نِبِيٍّ عَدُوّاً شَيَاطِينَ الإِنسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُوراً وَلَوْ شَاء رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ
Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jika Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.(QS al-An'am 6:112)
Dalam ayat lain disebutkan bahwa menjadi sunatullah keberadaan makar itu akan terjadi pada setiap generasi orang beriman, tetapi yang terberat dialami adalah tatkala menjelang datangnya kiamat, karena bukan makar kuffar an sich yang menjadikan saah , tetapi ada yang lebih dahsyat dan besar yakni munculnya dajjal serta ja'juj wa ma'juj, dalam konteks yang baru bukan dalam konteks simbolik. Hanya orang yang berlindung kepada Allah dengan penuh keikhlasan dan kesabaran yang dapat selamat dari bencana saah tersebut. Karena semua makar mereka berada pada kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta'ala.
وَقَدْ مَكَرَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَلِلّهِ الْمَكْرُ جَمِيعاً يَعْلَمُ مَا تَكْسِبُ كُلُّ نَفْسٍ وَسَيَعْلَمُ الْكُفَّارُ لِمَنْ عُقْبَى الدَّارِ
Dan sungguh orang-orang kafir yang sebelum mereka (kafir Mekah) telah mengadakan tipu daya, tetapi semua tipu daya itu adalah dalam kekuasaan Allah. Dia mengetahui apa yang diusahakan oleh setiap diri, dan orang-orang kafir akan mengetahui untuk siapa tempat kesudahan (yang baik) itu.(13:42)
وَاصْبِرْ وَمَا صَبْرُكَ إِلاَّ بِاللّهِ وَلاَ تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَلاَ تَكُ فِي ضَيْقٍ مِّمَّا يَمْكُرُونَ
Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan. (16:127)
Singkatnya dilihat dari dimensi makna, makar berada pada level signifikasi atau perluasan dari konteks sosio cultural dimana teks itu berada. Yang sudah barang tentu kontek makar pada jaman sekarang dipandang "gaib" dalam pandangan awam, tetapi tidak bagi kalangan ulul al-bab, karena menjadi sunnatullah bahwa perkara yang tersembunyi dalam al-Qur'an semuanya akan terkuak diahir jaman.
Berikut deskriptif kajian singkat mengenai kajian ayat-ayat makar;
A. Definisi makar
Makar secara etimologis berasal dari kata " مَكَرَ يَمْكُرُ مَكْرًا " beberapa pengertian makar yang dikemukakan oleh para pakar antara lain;
مكر: المَكْرُ: احتيال في خفية، والمَكْرُ: احتيال بغير ما يضمر، والاحتيال بغير ما يبدي هو الكيد
Makar adalah tipu daya yang tersembunyi, atau makar tipudaya dengan pelaku yang tersembunyi, sedangkan tipu daya yang terlihat disebut "kaid"
والمَكْرُ: ضرب من النبات
Makar adalah bagian/macam dari tumbuh-tumbuhan
والمَكْرُ: المغرة
Makar adalah menipu
المَكْرُ: الاحتيالُ والخديعةُ
Makar adalah tipudaya dan menipu
Makar dapat didefinisikan dengan "makar" adalah upaya/muslihat (tipu daya) tersembunyi (rahasia) seseorang atau sekelompok orang untuk menghancurkan musuhnya yang dirancang secara sistematik dan sistemik. Sedangkan "kaid" merupakan bagian dari " makar" yakni makar dalam bentuk yang terlihat.
Dari arti dan definisi tersebut, maka makar senantiasa berkonotasi jahat, serta dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan kepada lawannya atau musuhnya. 

B. Jenis makar
Dilihat dari pelaku makar, makar terbagi dua macam yaitu, ;

1) makar "mahmudah" (tipudaya yang baik) yakni tipudaya tersembunyi untuk melawan atau menolak kejahatan,diantara ayat yang menyatakannya antara lain;
Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.(Ali Imran : 54)
Yang dimaksud makar Allah diantaranya adalah;
هو إرداف النعم مع المخالفة وإبقاء الحال مع سوء الأدب وإظهار الكرامات من غير جهد
" menyertakan kenikmatan dengan pembangkangan , melanggengkan suatu keadaan disertai dengan kejelekan prilaku, memberikan karomah tanpa ada upaya"
إمهال العبد وتمكينه من أعراض الدنيا،
"memberikan tangguh kepada manusia dan mengantarkannya kepada keinginan-keinginan duniawi"
إيقاع بلائه بأعدائه دون أوليائه
Menimpakan bencana kepada musuh-musihnya tanpa mengenai hamba-hamba-Nya

Maksud dari definisi tersebut adalah;

a. orang yang mendapat kenikmatan, namun kenikmatan tersebut tidak disertai dengan ketaatan kepada pemberi nikmat jelas adalah suatu perkara yang buruk, karena akan menjadikan lupa pada hakekat kehidupan dirinya, orang yang sudah lupa dirinya dia akan sesat dalam kehidupannya, itulah orang-orang merugi. Begitu juga segala sarana dan pasilitas baik harta, jabatan atau kekuasaan yang ada pada seseorang, namun keadaan orang tersebut jelek prikakunya, adalah suatu makar Allah yakni penangguhan terhadapnya akan datangnya suatu sikya yang sangat keras. Begitu pula orang dapat kebaikan-kebaikan duniawi tanpa usaha yang keras adalah bentuk makar, karena apa yang ia raih yang tanpa usaha keras itu sedikit pun tidak dapat member manfaat bagi kehidupan ahiratnnya.
Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.(17:16)

b. Allah memberikan tangguh kepada para pelaku kejahatan akan siksan-Nya, bahkan senantiasa mereka mendapat segala perkara yang diinginkan didunia, semata-mata karena hal itu sebagai makar yakni mereka tertipu oleh apa yang mereka kerjakan.
Dan berapalah banyaknya kota yang Aku tangguhkan (adzab-Ku) kepadanya, yang penduduknya berbuat dzalim, kemudian Aku adzab mereka, dan hanya kepada-Ku lah kembalinya (segala sesuatu).(22:48)

c. Bencana /siksa yang amat pedih ketika ditimpakan kepada manusia jahat adalah suatu perkara yang berat, tetapi yang lebih berat lagi, tatakala mereka menyaksikan orang-orang yang beriman justeru selamat dari azab Allah. Karena apapun rencana jahat yang mereka lakukan terhadap orang beriman sepanjang tidak berada pada ma'syiah (kehendak) Allah, segalanya tidak akan memberi kemadharatan sedikit pun .Allah berkuasa penuh terhadap seluruh makarnya orang-orang kafir.

Dan sungguh orang-orang kafir yang sebelum mereka (kafir Mekah) telah mengadakan tipu daya, tetapi semua tipu daya itu adalah dalam kekuasaan Allah. Dia mengetahui apa yang diusahakan oleh setiap diri, dan orang-orang kafir akan mengetahui untuk siapa tempat kesudahan (yang baik) itu. (13:42)

2) makar "Madmumah" (tipudaya jahat) yakni tipudaya tersembunyi untuk menghancurkan atau menolak kebenaran (al-Haq) atau memalingkan dari jalan yang lurus
Diantara ayat yang menyatakannya antara lain;
dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras. dan rencana jahat mereka akan hancur. (al-Fathit :10) 

C. Pelaku Makar
1) Pelaku makar mahmudah
  • (a) Makar Allah terhadap orang-orang kafir 10:21, 7:99, 27:50, 8:30, 86:16, 7:183
  • (b) Makar Allah terhadap orang musyrik 6:37
  • (c) Makar Allah terhadap orang munafiq 4:142
  • (d) Makar Allah terhadap Nasrani/Yahudi, 3:54
  • (e) Makar orang yang beriman terhadap orang kafir, 12:76, 21:57
  • (f) Makar orang kafir terhadap orang kafir 7:123
Makar kaum kafirin terhadap kafirin lainnya dianggap makar baik, karena akan melemahkan kekuatan mereka, dan menguntungkan bagi kekuatan muslim. Sebagaimana terjadi pada perang ahzab, kaum ahzab di propokasi antar sesama, sehingga kekuatan mereka melemah dan perang ahzab dimenangkan oleh kaum muslimin.
Keadaan permusuhan mereka digambarkan dalam surat al-Hasr :14
Mereka tiada akan memerangi kamu dalam keadaan bersatu padu, kecuali dalam kampung-kampung yang berbenteng atau di balik tembok. Permusuhan antara sesama mereka adalah sangat hebat. Kamu kira mereka itu bersatu sedang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka adalah kaum yang tiada mengerti.(59:14)

2) Pelaku makar madzmumah
  • (a) Makar setan terhadap manusia umumnya, 4:76,35:8
  • (b) Makar jin terhadap manusia umumnya :6:116, 72:6
  • (c) Makar jin terhadap kaum muslimin 7:17
  • (d) Makar orang kafir terhadap Allah 77:39, 86:15,
  • (e) Makar orang kafir terhadap para Rasul, 7:183, 20:60, 11:55, 37:98, 21:70, 22:15
  • (f) Makar orang kafir terhadap orang beriman 27:50, 27:51, 6:123, 40:45, 16:26, 13:42, 105:2, 40:25, 3:120
  • (g) Makar orang kafir terhadap kaum muslimin 35:10, 27:70, 6:124, 71:22, 14:46, 13:33, 8:30, 52:42, 52:46, 8:18
  • (h) Makar orang kafir terhadap manusia lainnya 34:33
  • (i) Makar orang musyrik terhadap kaum muslimin 35:43, 16:45, 16:127
  • (g) Makar orang munafik terhadap kaum muslimin, 2:9
  • (h) Makar orang munafik terhadap Allah 4:142
  • (i) Makar ahli sihir terhadap Nabi, 20:69
  • (j) Makar yahudi terhadap kaum muslimin 3:54
  • (k) Makar Nasrani terhadap kaum muslimin 3:54
  • (l) Makar penguasa/pemerintah terhadap nabi 40:37
  • (m) Makar kaum muslimin terhadap kaum muslimin lainnya, 12:5
  • (n) Makar manusia terhadap manusia lainnya, 12:31, 12:102, 12:52
  • (o) Makar wanita terhadap kaum laki-laki 12:28, 12:33, 12:34, 12:50
 D. Sebab-sebab makar 
  1. Atheis/anti Tuhan; 7:11.22, 43:36
  2. Kemusyrikan 6:100
  3. Godaan Setan; 4:119.120
  4. Dorongan Hawa Nafsu jahat; 12:33
  5. Kekuasaan 20:57,63
  6. Harta :18:34
E. Media makar
  1. Jin 6:128, 27:17, 34:12,13,72:6
  2. Kekuasaan 40:37
  3. Sihir 2:102, 7:111,112,113,115,116 10;79,80 20;57-71, 113:4
  4. Teknologi 40;36,37
  5. Seks 12:31
  6. Makanan dan Minuman (12:36)
F. Tujuan Makar 
  1. Mengembalikan manusia kepada kekafiran (atheis) setelah tauhid; 4:89 7:16, 34;33
  2. Penghancuran agama tauhid, 2:135,217,9:32
  3. Penyembahan terhadap setan/Jin, 6:100, 4:117,34:41
  4. Pemuasan hawa nafsu: 5:30, 6:119,12:32,53
  5. Pemenuhan kekuasaan dan ekonomi 2:188 9:34
G. Cara makar
  1. Penangkapan (penguasaan)/Kapitalisme,8:30,9:5,33:61
  2. Pemenjaraan (marjinalisasi) 8:30, 12:25,32,26:29
  3. Pembunuhan (dehumanisasi) 8;30, 2:61,85, 3:21, 4:157 5:27 6:137 7:127 12:9 29:24 40:26
  4. Pengusiran (sekulerisasi) 8;30 2:85, 191 7:82 9:13 14:13 26:35,167 27:56
  5. Penghancuran moral (demoralisasi) 12:51
  6. Penyusupan (infiltrasi) 9:5
 H. Bentuk makar Kaum Kafirin terhadap umat Islam
  1. Merusak, menghancurkan, mengganti simbol-simbol agama 105:2
  2. Menghina dan mempermainkan Al-Qur'an 86:15
  3. Sekulerisasi (dunia orientied) 4:76
  4. Penghinaan terhadap Rasulullah 3:120
  5. Membuat dan menciptakan berhala 3:54
  6. Menggunakan media sihir dan provokasi (isu jahat) 20:69
  7. Membuat issue bahwa bencana disebabkan oleh berhala 11.55
  8. Penculikan 12:5, 8:26
  9. Porno aksi 12:28
  10. Prostitusi 12:50
  11. Menikam dari belakang 12:52
  12. Korupsi 12:76
  13. Mendirikan tempat/alat penyiksaan 37:98
  14. Eksploitasi perempuan (al-Mukmin 25)
  15. Dehumanisasi kaum laki-laki (al-Mukmin 25)
  16. Pengusaan dunia antariksa (al-Mukmin 37)
  17. Lempar batu sembunyi tangan (Al-Anbiya 57)
  18. Ramalan-ramalan perkara gaib (at-Thur 42)
  19. Bersekutu /PBB (Anfal 18)
  20. Penyusupan ( Ali Imran 118)
  21. Tindakan-tindakan jahat yang melampau batas-batas kemanusiaan (An-Nisa 76)
  22. Degradasi Tauhid (Al-Hajj 15)
  23. Penguasaan dunia informasi 22:15
I. Kapasitas makar kaum kafir 
  1. Dilakukan selama 24 jam 34:33
  2. Kekuatan maksimal (full power) 14:46 27:50
  3. Daya jelajah yang luas 71:22
  4. Efek yang luas 27:51
  5. Ditangani oleh para profesional 6:123
J. Bentuk makar Allah
  1. Memberitahukan makarnya kaum kafir : 11:49 12:102
  2. Menurunkan adzab, 35:10
  3. Menurunkan pasukan langit 9:40
  4. Memberikan kemenangan kepada hizbullah 3:126
  5. Menjadikan petaka kepada pembuat makar 35:43
K. Kiat-kiat menghadapi makar kaum kafirin (kontra makar) 
  1. Tauhidullah/ ikhlas 15:39-40
  2. Berpegang teguh kepada al-Qur'an dan as-Sunnah Rasul (3:103)
  3. Bersabar dan shalat (2:45)
  4. Bersatu padu (berjama'ah) (59:14)
  5. Penguasaan IPTEK (27:40)
L. Yang melakukan kontra makar
  1. Ahlul ilmi 19:43, 27:40, 29:43
  2. Ahlu Dzikir 8:60
  3. Mukhlisin (15:39-40)
Demikian persfektif umum makar/konpirasi dalam sudut al-Qur'an,

Wallahu'alam bi al-sawab !
  
 posted by @Adimin

Dana PKS dari mana . . . ?



Kultwit by @MahfudzSiddiq

Wasekjen PKS, Ketua Komisi I DPR RI
  1. KPK terperangah aset mobil2 dinas PKS senilai 21M? Hmm.. Pintu masuk bagus untuk mengenal PKS.
  2. Info tambahan, PKS juga punya kantor milik sendiri di beberapa provinsi dan kabupaten/kota. Jika dinilai tentu total lebih dari 21M
  3. Untuk operasional, PKS juga memberi tunjangan finansial bagi sejumlah pengurus yang full-time, baik DPP, DPW dan DPD.
  4. Biaya operasional bulanan DPP misalnya 1 sd 1.5 M per-bulan, membiayai seluruh Bidang, Badan dan Departemen-2 serta rumah-tangga.
  5. Untuk ukuran DPD di kabupaten/kota, biaya operasional bulanan mereka antara 50 sd 100 juta. Sementara untuk DPW sekitar 100 sd 200 juta.
  6. Jadi untuk hitung biaya operasional total bulanan, jumlahkan saja DPP + 33 DPW + hampir 500 DPD. Pastinya sangat besar.
  7. Sblm muncul sbg parpol pd 1999, PKS adalah gerakan dakwah yang juga terorganisir. Punya aset kantor, kendaraan dan biaya operasional.
  8. Seingat saya sblm 1999, aset gerakan ini tidak kurang dari 5 kantor & 20-mobil serta sejumlah sepeda motor. Atas nama perorangan.
  9. Semua aset gerakan dakwah sblm 1999 berasal dari infak dan wakaf banyak pihak yang terlibat, mendukung dan simpati dengan dakwah.
  10. Sekarang dari mana sumber dana utama PKS untuk biayai kegiatan2nya? Pertama infak rutin kader tiap pekan. Biasanya dihimpun saat pengajian.
  11. Kami pun biasa menghimpun dana solidaritas bagi dunia Islam dan bantuan kemanusiaan dengan berbagai acara keumatan.
  12. Tiap pekan per-group pengajian bisa himpun Rp 50-100 ribu. Kami saat ini punya lebih dari 200 ribu group bernama halaqah tarbawiyah.
  13. Kedua, infak wajib bulanan anggota inti. Liputi iuran wajib & zakat penghasilan. Sbg contoh infak wajib bulanan saya 1.5 sd 2 juta.
  14. Besaran infak wajib bulanan berbeda tiap anggota, sesuai besaran penghasilannya. Sekarang ada 600 ribuan anggota inti.
  15. Ketiga, zakat tahunan. Berupa zakat maal, zakat fitrah, infak dan shadaqah anggota. Biasanya dihimpun selama ramadhan.
  16. Lemaba2 amil zakat yang dikelola kader PKS jg himpun zakat, infak & shadaqah dari masy untuk didistribusikan ke masy fakir-miskin.
  17. Dari zakat maal tahunan anggota tsb terhimpun cukup besar. Untuk membantu anggota yang fuqara&masakin dan ununtuk program2 kemanusiaan.
  18. Keempat, infak bulanan pejabat publik baik di legislatif maupun eksekutif. Anggota FPKS DPR tiap bulan bayar infak 20 juta ke DPP.
  19. Ada 57 anggota di DPR, 200-an anggota DPRD Prov dan 2000-an anggota DPRD Kab/Kota. Besaran infak bulanannya berbeda2.
  20. Sebagai contoh aleg DPRD kota/kab cirebon, infak bulanan sbg pejabat publik ke DPD sebesar Rp 3 juta. Jika ditotal pasti besar.
  21. Kelima, ta'awun maali atau partisipasi pendanaan. Biasanya dilakukan jika ada kegiatan tertentu, musibah yang dialami anggota, dll.
  22. Ta'awun maali bersifat sukarela termasuk jumlahnya. Bisa juga dilakukan dlm benuntuk pinjaman lunak.
  23. Sbg contoh di cirebon ada kader dokter pinjamkan dana 500 juta untuk bantu bangun kantor DPD. Tanpa bunga.
  24. Kelima, kerjasama program. Kader2 PKS banyak yang kelola lembaga pendidikan, sosial, dakwah & bisnis. Mrk lakukan kerjasama program
  25. Misal BPR syariah milik kader kerjasama program dengan Bidang Ekonomi di PKS. Lembaga pendidikan dengan Departemen Pelajar di PKS, dst.
  26. Keenam, dana bantuan keuangan parpol dari pemerintah setiap tahun berdasarkan perolehan suara pemilu. Lumayan besar-lah jumlahnya.
  27. Ketujuh, hibah aset bergerak dari dermawan. Ada yang bantu motor, mobil, komputer, dll. Ununtuk kendaraan biasanya pakai nama pribadi.
  28. Kedelapan, penyertaan modal ununtuk usaha/bisnis yang dikelola secara profesional oleh perorangan/perusahaan yang dilakukan bendahara.
  29. Ini dilakukan krn UU mengatur parpol tdk boleh memiliki lembaga usaha/bisnis.
  30. Itu sumber dan cara PKS menghimpun dana untuk biayai program-kegiatan yang putarannya harian dan sediakan fasilitas kerjanya.
  31. Silakan Anda kunjungi kantor2 PKS di DPP, DPW, DPD, DPC dan DPRa. Perhatikan kesibukan kegiatan mereka yang tak henti siang-malam.
  32. Ada satu lagi, yang kami sebut "da'mu dzati" atau pendanaan mandiri. Yaitu aktivitas yang diikuti dan didanai mandiri oleh kader.
  33. Misalnya bulan ini sejumlah DPD adakan camping-ground/mukhayyam. Tiap anggota keluarkan Rp 200 ribuan ununtuk jadi peserta.
  34. Atau rakor PIP PKS di Istanbul lalu. Semua perwakilan yang datang atas biaya sendiri.
  35. Jadi ketika KPK terperangah melihat mobil2 PKS, saya maklum. Krn mereka belum mengenal kami.
  36. Setiap Departemen, Bidang dan Badan di DPP PKS memang difasilitasi mobil operasional. Trmsk untuk Pres, Sekjen & Bendahara.
  37. Ketika melihat petugas KPK geledah ruang kantor DPP PKS untuk lacak asal-muasal keuangan partai, hati saya sangat galau.
  38. "Jika saja petugas2 itu tahu lembaran2 lusuh uang infak kader-2 kami yang mereka berikan dengan ikhlas tiap pekan, bulan & ramadhan.."
  39. Bukankah awalnya anda sdg selidiki uang 1 M di tangan AF yang diduga akan diberikan ke LHI ? Uang yang blm pernah sampai ke LHI itu ?
  40. Lalu sekarang anda usut kantor, mobil dan ruang2 kerja kami -- lalu diikuti premis "jika partai terlibat maka...".
  41. Saudaraku.. Saya tahu ada yang ingin PKS bubar dengan delik korupsi-korporasi & bahkan target si A si B si C harus "masuk" sblm lebaran.
  42. Saya pun kenal sejumlah orang di sekeliling Anda yang nyata tak suka kepada kami. Baik alasan politis maupun ideologis.
  43. Anda bisa lakukan apa saja sesuai tafsir kewenangan dan hukum yang hanya Anda di atasnya. Berakrobat pun mampu Anda lakukan.
  44. Sekali kami berupaya mengingatkan kesalahan kecil Anda. Toh kita manusia yang bisa lupa dan keliru? Tapi Anda sebut kami "melawan".
  45. Meski akhirnya kami senang krn Anda perbaiki kekeliruan itu. Tp Anda mmg tak ingin merasa "kalah". Anda ingin tetap dilihat hebat.
  46. Kali ini Anda datang dengan surat lengkap. Tapi baru kali ini pula Anda dikawal puluhan polisi bersenjata.
  47. Saudaraku.. Kenalkan, kami ini gerakan dakwah. Partai hanyalah instrumen saat kami harus juga berjuang secara politik.
  48. Harta kami yang sesungguhnya adalah hati, akal dan lisan kami... Yang dulu bergerak leluasa di atas kaki-kaki bersepatu seadanya.
  49. Menghampiri manusia di manapun mereka untuk ikuti kebenaran Ilahi dan bangun hidup dalam kebaikan. Hanya hati, akal dan lisan kami!
  50. Kalian bisa ambil semua rumah, kantor, mobil dan meja kami. Tapi sekali-kali kalian tak akan bisa rampas hati, akal dan lisan kami.
  51. Kalian pun bisa penjarakan siapapun yang kalian kehendaki dari kami. Tapi sekali-kali tak bisa kalian jamah hati, akal & lisan kami
  52. Kami akan kagum dan hormat kepada Anda ketika anda berani krn kejujuran. Tegas krn kebenaran.
  53. Tapi nurani kami yang kami hidupkan di tengah malam sunyi selalu mengatakan sebaliknya. Ada awan gelap menyelimuti kalian.
  54. Tapi kami harus katakan bahwa yang Anda lakukan adalah sunnah dalam jalan dakwah kami. Suatu yang akan selalu terjadi.
  55. Sunnah itu akan memperbaiki dan memperkuat jalan dan barisan dakwah kami. Saat kalian sudah hampa wewenang dan kuasa.
  56. Meski kalian sakiti kami, namun kami akan tetap mendoakan kalian. Masih panjang perjalanan dan waktu di depan.
  57. Kami harus terus berdoa ununtuk kalian. Karena rakyat negeri ini masih menaruh harapan baik kepada Anda. Kami pun begitu.
  58. Doa malamku: "Ya Allah Engkau Maha Tahu bahwa hati-hati kami tlah berhimpun atas dasar cinta kepada-MU...
  59. "Bersama bangun kebaikan dalam ketaatan kepada-MU. Dan bersatupadu dalam jalan dakwah-MU. Serta berjanji menyebarluaskan syariatmu."
  60. "Maka eratkanlah Ya Allah ikatan hati di antara kami. Langgengkan persaudaraannya. Dan tunjuki jalan dakwah kami.."
  61. "Dan terangilah jalan kami dengan cahaya-MU yang tak pernah pudar & padam. Lapang dan tentramkan hati kami dengan keutamaan iman kpd-Mu.."
  62. "Perindahlah tawakal kami kepada-MU. Hidupkan senantiasa kami dalam ma'rifat kpd-MU. Dan wafatkan kami dalam syahid di jalan-MU.."
  63. "Sesungguhnya Engkau-lah tempat perlindungan dan pertolongan bagi kami.. Dan segala puji bagi-MU ya Rabb.."
*https://twitter.com/MahfudzSiddiq


posted by @A.history

Gubernur Irwan Prayitno Lakukan Gerakan Tanam Kawasan Padi dan Sayur di Solok



Pembangunan Kawasan Pertanian dirancang untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, penganggaran dan mendorong keberlanjutan kawasan komoditi unggulan. Batas satu kawasan padi minimal 5.000 ha dan di Kabupaten Solok terdapat di Kawasan Padi Gunung Talang.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam acara kunker ke Kawasan Padi Gunung Talang di Nagari Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok, Rabu sore (15/5). Hadir dalam kesempatan itu Kadis Pertanian Ir. Djoni, Kadis Sosial Abdul Gafar, SE, MM, Kabiro Humas Irwan, S.Sos, MM.

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan, bahwa saat ini di beberapa daerah terlah berhasil meningkatkan produksi padi dari biasanya 4 - 4,5 ton/ha, dapat menjadi 7 – 11,2 ton/ ha. Hasil ini merupakan kebanggaan kita bersama dalam rangka meningkatan produksi padi untuk swasembada pangan dan suplus beras 10 juta ton tahun 2014.

Oleh karena itu kami menantang petani di Kawasan Padi Gunung Talang ini mampu mencapai produksi di atas 8 ton/ha. Apalagi kita mengetahui beras Solok amat terkenal di seluruh dunia sebagai beras terenak dan ternama lewat lagu “Bareh Solok“, ujarnya.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, pendukung kawasan pertanian juga dilakukan sub sektor terkait. Sehingga membentuk rangkaian sistem agribinis secara utuh. Baik dalam bentuk penyediaan benih secara mandiri, sistem budidaya yang kompetitif secara terpadu yang dipelopori oleh petani dan kelompok tani atau gabungan kelompok tani.

Ada tujuh indikator keberhasilan kawasan, antara lain, meningkatnya prosuksi dan mutu, meningkatnya aktivitas pasca panen. Meningkatnya aktivitas pengolahan hasil dan nilai tambah, meningkatnya jaringan pemasaran, meningkatnya pendapatan pelaku usaha, meningkatnya penyerapan tenaga kerja dan meningkatnya aksesibilitas terhadap sumber keuangan, output teknologi dan informasi.

Produktifitas padi di Kabupaten Solok pada tahun 2012 baru mencapai 5,14 ton gkg (gabah kering giling), hal ini telah berada di atas rata-rata Sumatera Barat sebesar 5.02 ton gkg. Pada tahun 2013 ini diharapkan meningkat minimal 4-5 kuintal/ha dengan sasaran produksi 337.242 ton gkg yang merupakan 14 % dari produksi Sumatera Barat.

Untuk kita dibantu Kementerian Pertanian dalam berbagai kegiatan antara lain, SL-PTT padi 560 unit untuk 14.000 ha dengan dana sebesar Rp. 3 Miliar. Kegiatan penakar benih 50 ha dengan dana Rp. 175 juta, irigasi desa pada areal 720 ha dengan dana Rp. 720 juta. Pengembangan System Of Rice Intensification (SRI) pada 60 kelompok tani pada luasan 1.200 ha dengan dana Rp. 2,4 Miliar, yang sebagian besar dana ini disalurkan dalam bentuk bansos.

Produksi sayur kabupaten Solok mencapai 200 ribu ton yang merupakan 25 % dari produksi sayur Sumatera Barat, untuk mendukung kawasan sayur ini Kementerian Pertanian memberikan alokasi dana Rp. 700 juta. Dan pengembangan Kawasan Tanaman Hias juga dialokasikan dana Rp. 520 juta.

Serta untuk mendukung peningkatan kualitas produksi tanaman pangan seperti beras organik, beras merah dan beras hitam organik pada tahun 2012 difasilitasi 1 unit RMU (Rice Miling Unit) sedang untuk tahun 2013 ini dialokasikan kegiatan Revitalisasi Penggilingan Padi Kecil (PPK) untuk 10 kelompok tani dengan dana Rp. 800 juta, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno dan rombongan berkesempatan meninjau kelompok Peternak Kubang Sebilan di Nagari Jawi-Jawi Kecataman Talang Kab Solok.

*https://www.facebook.com/photo.php?fbid=544493238927625&l=f635879f86


posted by @A.history

Akhir Mei, Koalisi Parpol Terbentuk



Padang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang mengagendakan pen­daftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota Padang di­usung melalui partai politik pa­da 2-6 Juni mendatang. Mes­ki tinggal tiga minggu lagi, sejumlah partai politik belum juga menetapkan atau mengu­sung nama cawako dan cawa­wako.

“Kita terbuka untuk ber­koa­lisi dengan parpol mana sa­ja, tapi belum bisa kita pasti­kan dengan siapa,” kata Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Padang, Muhidi kepada Padang Ekspres, kemarin.

Muhidi mengatakan, tidak tertutup kemungkinan PKS kembali berkoalisi dengan PAN atau menjalin hubungan baru dengan partai lain. “Ke­mungkinan akhir Mei sudah ada nama yang akan kita usung,” ujarnya.

Muhidi mengakui Mahyel­di kembali diusung PKS men­jadi Cawako. “Yang pasti kita harus berkoalisi,” ujarnya. Seperti diketahui, PKS butuh satu kursi lagi di DPRD agar bisa mengusung calon.     

Ketua DPC Partai Demok­rat Padang, Januardi Sumka mengatakan akan ada nama yang akan diusung Demokrat dalam waktu dekat. “Kita tung­gu sajalah, jangan sekarang disampaikan,” ujarnya.

Januardi menambahkan, partai secara internal masih melakukan pembahasan lebih lanjut soal nama yang diusul­kan. “Meski kami bisa menga­jukan pasangan dari Demok­rat, namun kami masih mem­buka diri untuk koalisi,” tutur Januardi.

Sekretaris DPC Partai De­mokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Padang, Albert Hendra Lukman juga mengaku belum memastikan akan koalisi. “Kita lihat saja nanti. Saat ini masih dalam internal partai,” ucap­nya.

Saat ini, baru Golkar dan PBB yang menyatakan telah berkoalisi, tapi belum menen­tukan calon yang akan diu­sung. (*)

*Padangekspres.co.id

posted by @A.history

Cukup Fahry Hamzah !!!



Ketika KPK mengalami sikap terpojok maka pimpinan KPK AS, JB bilang jangan dibenturkan KPK dan PKS

Sedangkan diawal-awal kasus keduanya getol dengan menantang PKS, bahwa tidak akan gentar melawan PKS
 
Ketika itu PKS hanya diam dan memberikan kewenangan terhadap KPK untuk menyelesaikan kasus LHI dengan kuasa hukumnya
 
LAGI-LAGI KPK menyeret-nyeret PKS ke pusaran kasus LHI lewat penyitaan tanpa prosedur
 
LAGI-LAGI KPK menyeret Anis Matta dan Hilmy Aminuddin ke pusaran kasus LHI lewat pemanggilan ke kantor KPK setelah itu tidak cukup disitu JB LAGI-LAGI menyeret PKS ke kasus LHI dengan pernyataan bahwa PKS tidak kooperatif
 
Tetapi hendak dikata PKS tahu betul kalo pen DZHOLIMAN KPK mulai dari asumsi penangkapan LHI, Penyitaan, pernyataan JB yang memojokkan ini terus dibiarkan maka akan rugi besar dan JB akan semena-mena memperlakukan PKS seperti ayam sayur dengan menebar fitnah sana dan fitnah sini
 
Maka dengan melihat kondisi seperti ini PKS mengeluarkan anak macan yang imut, gemes, galak, dikeluarkan dari kandangnya dia alah “Fahri Hamzah”,
 
Anak macan “Fahri Hamzah” sebenarnya sudah lama dikandangin setelah selesai melumat “daging century, BLBI”
 
“Fahri Hamzah” si anak macan ini terus tampil di acara-acara sirkus, besar atau sirkus kecil, semua penonton yang menyaksikannya dibuat terkagum kagum melihat kelincahan serta kepiawaiannya dalam alur tema “ PKS VS KPK”
 
Kalo JB bilang jangan dibesar-besarkan kasus LHI, sebenarnya kasus LHI itu sama dengan kasus lain,kata JB.
 
PKS sudah menjawabnya , iya PKS juga menganggap kasus ini kecil KPK saja yang Pestivalisasi kasus disamping itu juga PKS hanya menurunkan anak macan saja “Fahri Hamzah” belum biang nya atau anak-anak yang lainnya
 
KPK sudah kerepotan menghadapi anak macan “Fahri Hamzah” seorang, bahkan di acara sirkus terakhir ILC, JB mati kutu sayu dan berulang kali bilang “buktikan nanti kita di pengadilan 1000 x “ hwee
 
Rupanya JB sudah mengibarkan bendera putih, karena masyarakat sekarang sudah memberikan simpati terhadap PKS,
 
LAGI-LAGI hanya “Fahri Hamzah” yang diutus untuk menghadapi Media, KPK, serta pengamat yang asal jeplak, yang terakhir ICW yang sekarang hati-hati berbicara karena sudah merasakan betapa cakaran anak macan “Fahri Hamzah” yang mematikan…
 
Cukup Fahri Hamzah…Cukup Fahri Hamzah,,,,,Cukup fahri Hamzah saja,…

Oleh : Abraham Naim/kompasiana
 

posted by @Adimin

Pesan

More on this category »

Popular Post

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger