Home » , » Gubernur Sumbar Lakukan Gerakan Tanam Padi Serentak

Gubernur Sumbar Lakukan Gerakan Tanam Padi Serentak

Written By Unknown on 02 May, 2013 | May 02, 2013


Padang - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan gerakan tanam padi serentak di lahan sawah kelompok tani Ranah Pulai Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, menyusul Keberhasilan produksi sebesar 11,2 ton per hektare.

Gerakan tanam padi serentak dilakukan Gubernur didampingi Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, di Ranah Pulai Palangki Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, Rabu sore.

Hadir dalam Kesempatan Kadis Pertanian Sumbar Djoni, Kadis PSDA. Kadis Pendidikan, Kadis Perikanan, Kabiro Humasprov, Kabiro Perekonomian, serta beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sijunjung.

Gubernur menyampaikan rasa bangga dan senang dengan hasil panen padi Kelompok Tani Ranah Pulai Palangki yang telah mencapal 11,2 ton/hektare.

Produksi inl telah memecahkan rekor tertinggi produksi padi di Sumbar, Karena di Kabupaten Padang Pariaman baru mencapai 9,2 ton/hektare baru-baru ini.

Hal ini menandakan keberhasilan program tanam padi sebatang di Sumatera Barat, sehingga menuai sukses dalam meningkatkan pendapatan petani.

Peningkatan produksi padi juga terjadi dibeberapa daerah, di antaranya Kabupaten Tanah Datar sebanyak 8,7 ton/ha, di Payakumbuh 7,8 ton/ha, di Pasaman Barat 8,2 ton/ha dan di Kota Padang 5,7 ton per hectare.

Menurut dia meningkatnya hasil produksi sawah petani menunjukan program Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) dan Gerakan Pensejahteraan Petani (GPP) memberikan energi baru untuk memajukan masyarakat yang lebin dari 60 persen sebagai petani.

Terjadinya peningkatan produksi tersebut mudah-mudahan target 800.000 ton beras bagi Sumbar dapat dicapai secara baik dan sukses, guna mendukung program nasional swasembada beras 10 juta ton.

"Untuk sukses tersebut sangat disadari begitu beratnya merubah pola tanam para petani yang telah terbiasa dengan memakai pupuk an organik yang ingin hasil cepat, tetapi memiliki risiko terhadap Kondisi tanah," Ujarnya.

Olen Karena itu, keberhasilan yang dilakukan kelompok tani di Ranah Pulai Palangki, Sijunjung diharapkan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat di daerah Iainnya, agar kembali memakai pupuk organik secara berkesinambungan.

Irwan mengatakan, dengan menggunakan pupuk organik banyak hal yang dapat dilakukan tumpang Sari, baik berternak ikan, belut Sehingga pendapatan petani bertambah.

Menggunakan pupuk organik juga memberikan manfaat terhadap Kesehatan dan keleselarasan Iingkungan menjadi baik.

Gubernur mengimbau petani di Sijunjung Khususnya dan Sumbar pada umumnya agar tidak membakar jerami, Karena dapat mengurangi pemakaian pupuk dan memudahkan tanah pertanian untuk terus berproduksi secara baik dan alami.

Dalam Kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan peralatan dan dukungan dana Kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung. (*/sun)
*http://www.antarasumbar.com/berita/provinsi/d/1/286885/gubernur-sumbar-lakukan-gerakan-tanam-padi-serentak.html
 posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger