Home » » Politicawave: PKS Paling Melek Sosial Media

Politicawave: PKS Paling Melek Sosial Media

Written By mediapkspadang on 02 April, 2014 | April 02, 2014


Jakarta - Pendiri Politicawave Yose Rizal mengatakan jagat maya belum banyak digunakan oleh partai politik atau salah satu calon presiden untuk menginformasikan diri mereka. Menurut Yose, hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang fasih menggunakan sosial media. 

"PDIP justru lebih aktif lewat relawan-relawan dan orang-orang yang terafiliasi dengan mereka," kata Yose saat dihubungi Selasa, 1 April 2014. Adapun Partai Gerindra yang cukup rajin bermain di jagat maya, menurut dia, serangan partai bentukan Prabowo Subianto itu lebih banyak terjadi di ranah offline. Sementara partai-partai lain, seperti Golkar dan Demokrat cenderung keteteran di sosial media. (Baca: Prabowo dan Jokowi Saling Serang, Siapa Diuntungkan?)

Yose memprediksi serangan-serangan politik yang dialamatkan ke calon presiden atau partai tertentu akan semakin gencar menjelang sepekan pemilihan legislatif. Sebab, sosial media belum diatur penggunaannya dalam kampanye oleh Komisi Pemilihan Umum. "Nah, yang diserang harus rajin menyediakan counter informasinya. Sebab, kalau serangan itu dibiarkan, netizen lama-lama menganggap serangan itu sebagai fakta. Padahal belum tentu benar," kata Yose.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera Fahri Hamzah mengatakan lini kampanye mereka di jagat maya tak terstruktur. Suara-suara kader PKS di lini online tersebut sekadar teriakan pribadi. "Yang begitu-begitu tak pakai struktur. Itu sifatnya pribadi. Justru aneh dan ribet kalau pakai struktur," kata Fahri. Namun Fahri mengakui, lini online digarap oleh PKS sebagai salah satu lahan kampanye mereka. Sebab, kata Fahri, PKS tak punya duit buat pasang iklan di televisi, media cetak, pun online.

Menurut Fahri, sebagian besar bahan pembicaraan kader-kader PKS di jagat maya bersifat sporadis. Namun tak semuanya sporadis. Fahri, Presiden PKS Anis Matta, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tiffatul Sembiring punya ratusan ribu follower di Twitter. Mereka bertiga, kata Fahri, biasanya mendiskusikan bahan perbincangan apa yang akan dilempar di Twitter. [tempo]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger