Home » , » Prabowo-Hatta Tren Positif, Jokowi-JK Negatif

Prabowo-Hatta Tren Positif, Jokowi-JK Negatif

Written By mediapkspadang on 23 June, 2014 | June 23, 2014

Headline

Jakarta - Menjelang pemungutan suara pilpres 9 Juli mendatang elektabilitas dari pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memasuki fase tren positif merangkak naik mengalahkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) yang memasuki fase tren negatif.

Hal tersebut tertuang dalam hasil survei yang dirilis Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), Minggu, (22/6/2014).

Direktur Puskaptis Husin Yazid mengatakan, dari survei yang dilangsungkan di 33 provinsi di seluruh Indonesia, pasangan capres nomor urut satu itu memperoleh 45,60% suara sedangkan pasangan Jokowi-JK mendulang 43,21% suara.

"Dengan data ini menunjukan bahwa pasangan Prabowo-Hatta memasuki fase tren positif naik sementara Jokowi-JK mulai stagnan dan cenderung masuk fase tren negatif," kata Husin.

Survei yang dilakukan pada 16 hingga 21 Juni 2014 ini juga memetakan beberapa wilayah yang menjadi basis kekuatan dari pasangan koalisi Merah Putih.

"Wilayah yang menjadi keunggulan pasangan Prabowo-Hatta ada di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah (Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan), sedangkan. Pasangan Jokowi-JK unggul di tiga wilayah Indonesia timur ( Bali, Sulawesi, Papua-Maluku," jelasnya.

"Hal ini harus menjadi perhatian tim sukses mengingat wilayah Pulau Jawa dan Sumatera pendukuknya sekitar 59% dan 21% dari penduduk Indonesia, artinya mereka harus mengoptimalkan elektabilitasnya," tambahnya.

Tidak hanya itu, menurutnya, elektabilitas pasangan Prabowo-Hatta meningkat lantaran masyarakat sudah melihat mantan Danjen Kopasus tersebut dalam acara debat capres yang sudah digelar sebanyak dua kali.

"Yang mempengaruhi elektabilitas Prabowo-Hatta adalah masyarakat mampu melihat visi dan misinya secara jelas melalui acara debat capres, tidak bisa dipungkiri hal itu sangat berpengaruh pada elektabilitas Prabowo,"katanya.

Seperti diketahui, survei ini menggunakan tehnik multistage random sampling dengan responden sebanyak 2400 responden. Margin Error 1,8% serta melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner. [inilah.com]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger