Home » , , » PKS Sumbar Luncurkan Gerakan Tanggap Asap #GentaPKS

PKS Sumbar Luncurkan Gerakan Tanggap Asap #GentaPKS

Written By mediapkspadang on 28 October, 2015 | October 28, 2015

Nurfirman Wansyah (Al Amin/Relawan PKS Foto)
Padang - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat meluncurkan gerakan tanggap asap sebagai bentuk kepedulian dan turut serta menangani dampak kabut asap.

"Gerakan nasional tanggap asap bentuk kepedulian kami dalam melayani dan aksi nyata dalam berkhidmat untuk rakyat," kata koordinator gerakan tanggap asap PKS Sumbar, Nurfirman Wansyah di Padang, Selasa.

Menurut dia, PKS akan membuka posko dan program layanan peduli untuk korban asap di wilayah Sumbar dan Riau.

Rencananya, gerakan tanggap asap PKS Sumbar akan membuka posko di Payakumbuh dan Padang dilengkapi alat penjernih udara, tim kesehatan, dan tempat penampungan sementara pengungsi korban asap dari Riau, ujar dia.

Nurfirman menyebutkan gerakan tanggap asap PKS Sumbar juga membuka donasi untuk berbagai program pengungsi, kesehatan dan tanggap asap lainnya dengan no rekening 7092882227 BSM cabang Padang a.n Fitria Heny.

Hingga saat ini, musibah asap masih terjadi di Sumatera dan Kalimantan, di sebagian wilayah dalam level berbahaya bagi kesehatan, katannya.

PKS siap bersinergi dengan pemerintah untuk menanggulangi musibah asap khususnya pada masyarakat yang menjadi korban, lanjut dia.

Ia mengatakan peluncuran program gerakan tanpa asap PKS juga akan bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat untuk meringankan beban masyarakat yang menjadi korban.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Sumbar mewajibkan seluruh puskesmas untuk bersiaga selama 24 jam hingga status siaga kabut asap di provinsi tersebut berakhir.

"Kami sudah melayangkan surat edaran ke 265 puskesmas di Sumbar untuk buka 24 jam karena beberapa kali hasil pengukuran kualitas udara di sebagian wilayah Sumbar menunjukkan kadar kualitas yang berbahaya," kata Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Sumbar Irene Susilo.

Ia mengatakan dari total puskesmas tersebut terdapat 105 puskesmas perawatan yang memang sudah wajib 24 jam dan sisanya nonperawatan diminta untuk siaga menanggapi bencana kabut asap.

Bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap, diharapkan untuk langsung mengunjungi puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan dan perawatan sesegera mungkin, ujarnya. [antarasumbar]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger