Home » , , » Dakwah | Oleh H. Irsyad Syafar Ketua DPW PKS Sumbar

Dakwah | Oleh H. Irsyad Syafar Ketua DPW PKS Sumbar

Written By mediapkspadang on 05 December, 2015 | December 05, 2015

Dakwah itu adalah perjuangan, pengorbanan dan militansi. Dakwah itu adalah memperbaiki apa-apa yang belum baik, memperindah apa-apa yang sudah baik. Dakwah adalah mengeluarkan manusia dari kekegelapan jahiliyah menuju cahaya keimanan. Dakwah itu adalah membuat hati-hati yang lalai dan alpa menjadi tersentak dan sadar. Dakwah itu adalah membangun tempat yang kondusif di dalam dada untuk berlabuhnya hidayah.

Karena itu, dakwah menghendaki pengorbanan dan totalitas. Bila engkau berikan hanya sebagian dari dirimu untuknya, maka dia takkan memberimu apa-apa. Jika engkau berikan segala-galanya, maka dia hanya memberimu sebagian. Maka dia akan tagih darimu waktumu, jiwamu, pikiranmu, perasaanmu, harta-bendamu dan ego pribadimu.

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya, kemudian mereka tidak ragu-ragu. Dan mereka berjuang dengan harta dan jiwa mereka di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar”. (Terjemahan QS Al Hujurat: 15)

Jika engkau mulai kikir dengan waktu, harta dan jiwamu untuk kemenangan dakwah, dan engkau berlari mengejar dunia dan perhiasannya, niscaya Allah akan menjadikan dirimu hina dan tidak berdaya. Dan kehinaan itu takkan hilang kecuali setelah engkau kembali (bertaubat) kepadaNya.

Pengorbanan dan perjuangan dalam berdakwah memang berat. Memerlukan jiwa yang beriman dan hati yang bersih. Karena itu, engkau mesti bekerja dan melakukan segala yang menguatkan iman dan membersihkan hati. Dakwah akan menuntut pengorbanan harta dan segala usaha. Maka, bersiap-siagaah selalu untuk itu.

Sesungguhnya apa yang engkau miliki adalah fana dan akan habis. Sedangkan apa yang di sisi Allah akan abadi dan berlipat-ganda. Sesungguhnya Allah membeli harta dan jiwa orang-orang beriman dengan harga termahal yaitu sorga, yang luasnya seluas langit dan bumi.

Janganlah engkau menjadi orang-orang yang celaka. Yaitu orang-orang yang menjadi budak dinar, budak dirham dan budak selimut.

Janganlah engkau menjadi orang-orang yang hina. Yaitu orang-orang yang kerjanya hanya makan dan bersenang-senang. Mereka bagaikan binatang yang kerjanya (dan pikirannya) hanya makan dan bersenang-senang. Lalu di akhirat kelak mereka pulangnya ke neraka. [irsyadsyafar.com]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger