Home » , » DPR Pinta Perawat Indonesia Siap Hadapi MEA 2015

DPR Pinta Perawat Indonesia Siap Hadapi MEA 2015

Written By mediapkspadang on 09 December, 2015 | December 09, 2015

JAKARTA (8/12) – Anggota Komisi IX DPR RI Ansory Siregar meminta agar para perawat di seluruh Indonesia mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi datangnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir tahun 2015. 

Demikian disampaikan Ansory saat menjadi narasumber Seminar Nasional Keperawatan dengan tema “Kiat dan Strategi Perawat Indonesia dalam Menghadapi MEA 2015” di Gedung Yos Sudarso, Kantor Walikota Jakarta Utara, Senin (7/12).

“Dunia kerja di segala sektor pada akhir tahun 2015 diprediksi semakin ketat, menyusul diterapkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tidak hanya persaingan antar SDM dalam negeri, namun juga tenaga asing yang akan menyerbu Indonesia,” jelas Ansory.

Menurut Ansory, beberapa standar kompetensi yang harus dimiliki dan/atau ditingkatkan perawat Indonesia adalah kemampuan Bahasa Inggris, sertifikasi profesi, dan kesolidan korps perawat yang terhimpun dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). 

Dengan adanya MEA 2015 ini, menurut Ansory, pekerja dari ASEAN akan bebas masuk ke Indonesia, termasuk yang berprofesi perawat. Di sisi lain, sesuai dengan UU Nomor 38/2014 tentang Keperawatan, para perawat asing tersebut harus mematuhi beberapa ketentuan, seperti menguasai Bahasa Indonesia dan mengikuti standar gaji Indonesia. 

“Ini upaya Negara Indonesia dalam menyaring datangnya TKA (Tenaga Kerja Asing). Semua pihak harus mempersiapkan diri, karena bila tidak siap untuk bersaing, tentunya akan tertinggal jauh,” ungkap Legislator PKS dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara III ini.

Diketahui, pemberlakuan MEA akan dilakukan secara bertahap. Pada tahun 2015 nanti, akan dibuka tujuh profesi lapangan pekerjaan yang siap berkompetensi dengan negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, yakni seperti profesi dokter umum, dokter gigi, perawat, dan arsitek.

Keterangan Foto: Anggota Komisi IX DPR RI Ansory Siregar saat menjadi narasumber Seminar Nasional Keperawatan dengan tema “Kiat dan Strategi Perawat Indonesia dalam Menghadapi MEA 2015” di Gedung Yos Sudarso, Kantor Walikota Jakarta Utara, Senin (7/12).

posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger