Home » , » HNW Dorong Pekerja Migran Sampaikan Aspirasi secara Komplit

HNW Dorong Pekerja Migran Sampaikan Aspirasi secara Komplit

Written By mediapkspadang on 21 December, 2015 | December 21, 2015

JAKARTA (20/12) – Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid meminta para pekerja migran menyampaikan aspirasinya secara tertulis agar advokasi yang dilakukan Bidang Pekerja, Petani, dan Nelayan (BPPN) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera lebih komplit.

“Aspirasi tertulis itu akan kami sampaikan secara faktual melalui kader kami di Komisi IX. Sudah banyak masalah di luar negeri, namun perlu pendataan yang jelas agar bisa ditindaklanjuti lebih komplit,” pesan Hidayat kepada para pekerja migran Indonesia yang mengikuti video conference dalam acara Peringatan Hari Buruh Migran Internasional di Kantor DPP PKS, MD Building Jakarta, Ahad (20/12/2015).

Wakil Ketua MPR RI itu mengaku upaya memperjuangkan nasib pekerja migran menghadapi berbagai tantangan. Dari sisi legislatif, suara pemilih dari dapil luar negeri saat pemilu tergolong rendah. Salah satu alasannya, pemilih di luar negeri kurang merasa terwakili dengan aleg terpilih.

“Perhatian atas nasib para pekerja migran ini belum tersambung. Sempat ada usulan bahwa pada aturan pemilu, pekerja migran seharusnya memilih wakil dengan dapil sesuai daerah asalnya. Sehingga masalah pekerja migran juga menjadi perhatian alegnya. Namun, ini masih perlu kajian mendalam,” jelas Hidayat.

Hidayat mendorong para pekerja migran menyampaikan aspirasi dengan data tertulis dan lengkap. Hal ini perlu dilakukan agar terjalin komunikasi yang lebih mudah antarpihak yang mengurus persoalan pekerja migran.

“Adanya data faktual mengenai masalah-masalah pekerja migran memudahkan komunikasi pemerintah, DPR, KBRI, dan agar lebih terpetakan. Kalau mereka menolak atau malah menelantarkan, sampaikan kepada kami,” tegasnya.

Bidang Pekerja, Petani, dan Nelayan (BPPN) DPP PKS menggelar peringatan Hari Pekerja Migran Internasional bersama kelompok purna pekerja migran yang berasal dari Cirebon, Indramayu, Karawang, Sukabumi, dan Purwakarta.

Bersama pimpinan DPP PKS, mereka melakukan video conference dengan para pekerja migran Indonesia di lima negara, antara lain Hongkong, Korea, Malaysia, Taiwan, dan Arab Saudi.

Selain Hidayat, hadir pada kesempatan itu, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Ketua Bidang Pekerja, Petani, dan Nelayan (BPPN) DPP PKS Ledia Hanifa Amaliah, serta Ketua Badan Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri DPP PKS Taufik Ramlan Wijaya. 

Hadir pula purna pekerja migran yang sukses setelah kembali dari luar negeri. Diantaranya, Ribut yang menjadi anggota legislatif dari Dapil Ponorogo, Jawa Timur serta Ali yang sukses menjadi pengusaha oleh-oleh di rest area KM 97 Tol Cipularang, Jawa Barat. [pks.id]

Keterangan Foto: Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid berdialog dengan para buruh migran lewat video conference dalam Peringatan Hari Buruh Migran Internasional di Kantor DPP PKS, MD Building Jakarta, Ahad (20/12/2015)

posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger