Home » , » Ormas Berperan Bantu Program Pemerintah

Ormas Berperan Bantu Program Pemerintah

Written By Unknown on 02 April, 2013 | April 02, 2013


PADANG - Wakil Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP membuka kegiatan pemberdayaan Ormas oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik di Hotel Grand Sari, Kamis (28/3/2013). Kegiatan pembinaan tersebut diikuti sekitar 125 orang, satu hari. Peran ormas ini sangat diperlukan pemerintak sebagai perpajnagn tangan dalam berbagai kegiatan dan informasi pada masyarakat. Namun ada juga ormas yang disalahgunakan untuk mendukung kegiatan separatis yang mengancam disintegrasi bangsa. Belum lagi pemanfaatan ormas sebagai sarana legalisasi gerakan kelompok - kelompok penekan dan gerakan massa yang melanggar hukum.
 Keberadaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) seharusnya membantu program pemerintah dalam pembangunan bangsa dan negara. Jangan sampai menciptakan kekacauan di tengah masyarakat. Terkada malah ormas dijadikan sarana persemaian ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila, menjadi alat dalam proses liberalisasi sistem sosial kemasyarakatan Indonesia, sebut Mahyeldi.
Jadi, terdapat beberapa masalah penyalahgunaan dan penyimpangan organisasi kemasyarakatan, diantaranya dijadikan sarana tindak pidana lainnya seperti korupsi, penyelundupan, pemerasan, penipuan, penggelapan dan lain sebagainya. Malahan ada pula ormas/LSM menjelma menjadi lembaga nirlaba yang tidak lagi sesuai  dengan tujuan dibentuknya, misalnya bertindak sebagai penegak hukum, premanisme, melakukan penyelidikan di kantor - kantor instansi pemerintahan, sehingga mengganggu keamanan dan ketertiban umum, kata Mahyeldi.
Lemahnya manajemen organisasi kemasyarakatan itu, sehingga akan mudah dirasuki kepentingan tertentu yang tidak relevan dengan tujuan mulia sebuah Lembaga Sosial Kemasyarakatan. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah telah menyiapkan langkah strategi, menata kehidupan ormas. Cara memperbaikinya melalui sistem prosedur pendaftaran ormas dengan Permendagri No 33 tahun 2012 tentang pedoman pendaftaran ormas. Dan mengembangkan sistem pengawasan, monitoring dan evaluasi terhadap ormas serta mengevaluasi kinerja ormas serta mengembangkan program kemitraaan dengan pemerintah, masyarakat dan ormas itu sendiri. (*)
*padang.go.id
posted by @A.history

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger