Home » , » Irwan Prayitno : Pendidikan Berkorelasi dengan Kemajuan Daerah

Irwan Prayitno : Pendidikan Berkorelasi dengan Kemajuan Daerah

Written By Unknown on 09 May, 2013 | May 09, 2013



Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka Lomba Bintang Sains SLTA se-Kabupaten Padang Pariaman. Kedatangan Gubernur yang disambut langsung oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni terlihat menambah semarak acara karena sudah ditunggu oleh masyarakat dan peserta lomba.

Tampak hadir dalam acara yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Kampung Dalam, turut dihadiri anggota DPRD, Dandim 0308, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Pariaman, Wakapolres Padang Pariaman, Kapolres Pariaman dan beberapa Kepala SKPD (satuan kerja perangkat daerah).

Dalam sambutannya, Gubernur Irwan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Lomba Bintang Sains (LBS) Tingkat SLTA Se-Kabupaten Padang Pariaman."Lomba ini akan memberikan motivasi pada anak-anak untuk belajar. Begitu juga dengan guru-guru, mereka akan proaktif mempersiapkan anak-anak didiknya untuk bisa lebih baik."

Dengan lomba ini, lanjut gubernur, akan lahir prestasi-prestasi dari anak-anak yang mengikuti. Kalau tidak ada lomba maka belajar anak-anak akan biasa-biasa saja. “Pendidikan sangat berkorelasi dengan kemajuan daerah. Dengan pendidikan maka daerah dan masyarakat akan maju.”

Sebelumnya, Bupati Ali Mukhni dalam sambutannya mengatakan, lomba ini merupakan yang kedua kali dilaksanakan di Padang Pariaman, setelah pada tahun 2012 juga dilaksanakan LBS tingkat SD, SLTP dan SLTA.

Ia menilai bahwa lomba ini sangat perlu guna memberikan motivasi pada siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan. Lomba ini juga dapat dijadikan sebagai evaluasi dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru di sekolah.

“Mungkin selama ini kita merasa bahwa anak-anak didik kita yang terbaik. Namun, setelah mengikuti lomba ini ternyata masih kalah oleh siswa-siswa sekolah lain,” jelas Ali Mukhni.
Pada kesempatan itu gubernur dan bupati menyerahkan beberapa anggaran pada APBD 2013 yang terkait dengan pendidikan, yaitu :

1.   Beasiswa miskin untuk SD sebanyak Rp771.120.000
2.   Beasiswa miskin SMP sebanyak Rp1 miliar
3.   Beasiswa miskin SMA, SMK dan MAN sebanyak Rp1 miliar
4.   Beasiswa mahasiswa berprestasi dan miskin sebanyak Rp100 juta
5.   Tambahan insentif guru honor sejumlah Rp3.200.000.000.-

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Mulyadi SH ketika diwawancarai wartawan menjelaskan, kegiatan LBS tingkat SLTA se-Padang Pariaman ini terselenggara atas kerjasama Pemkab Padang Pariaman dengan sebuah stasiun televisi. “Kita berharap, kerjasama ini terus berlanjut setiap tahun dan adanya peningkatan,” katanya. (ASM/ZT )

*sumbaronline.com

posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger