Home » , » Wow... Gubernur Sumbar Dapatkan Investor "Maknyus"

Wow... Gubernur Sumbar Dapatkan Investor "Maknyus"

Written By Unknown on 09 May, 2013 | May 09, 2013



Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan, daerahnya memliki aneka ragam sumber energi baru terbarukan (EBT) seperti matahari, laut, air, angin dan Panas Bumi.

Menurut mantan Ketua Komisi VIII DPR RI membidangi energi, periode 1999 – 2004, potensi energi panas bumi di Ranah Minang Kabau mencapai 1685 megawatt (MW).

Usai penandatanganan MoU Percepatan Pengembangan EBT antara Pemerintah Sumbar- Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konvesi Energi (EBTKE) di Jakarta, Selasa (7/5/2013) Irwan Prayitno lebih jauh mengatakan, potensi panas bumi di daerahnya sebesar 1685 MW tersebar di 16 titik.

“Potensi panas bumi di Sumbar ada sekitar 1685 MW. Terdapat di 16 titik tersebar di wilayah Sumbar. Dari 16 titik ini 3 titik di antaranya telah dikembangan. Jadi masih terdapat 13 titik potensi panas bumi Sumbar yang belum tersentuh saat ini,” katanya.

Untuk mengakselerasi pengembangan panas bumi di daeranya, Irwan Prayito mengharapkan dukungan semua pihak, utamanya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) isntansi teknis, yang memiliki SDM handal.

“Melalui Dirjen EBTKE, saya mengharapkan komitmen Kementerin ESDM untuk mendorong perceptan pengemabngan panas bumi di Sumbar. Oleh karena itu, kerjasama kita tidak hanya sebatas seremonial penandatanganan MoU ini. Tapi, setelah ini ada action dari keduabelah pihak,”tambahnya.

Irwan Prayitno juga berjanji memberikan kemudahan kepada setiap investor. Mempermudah perijinan ada akses eksplorasi termasuk pembebasan lahan.

Menanggapi pertanyaan CIN terkait pembebasan lahan, Irwan Prayitno, menjawab: “Pembebasan lahan itu hak masyarakat. Oke, saya selaku Gubernur tidak akan diam soal itu. Saya akan ikut melakukan koordinasi dengan seluruh piahak yang terpaut soal lahan. Bila nanti menyangkut tanah adat misalnya, saya berjanji akan mengajak ketua adat bernegosiasi demi percepatan pengembangan panas bumi di Sumbar,” paparynya.

Ditegasknnya, kepada investor yang ingin mengembangakan panas bumi di Sumbar bisa berhubungan langsung dengan pemprov Sumbar atau megontak langsung Gubernur Irwan Prayitno. Ia dengan senang hati meresponnya.

“Saya tidak muluk-muluk ya. Bagi nvestor yang ingin bidang panas bumi bisa kontak langsung ke saya…dan bila perlu saya akan perintahkan bawahan saya menjemput “gelar karpet merah” di bandara, misalnya,” paparnya meyakinkan.(ci)

*suaranews

posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger