Home » » Suswono: Persoalan Pangan Butuh Perhatian

Suswono: Persoalan Pangan Butuh Perhatian

Written By Unknown on 26 June, 2013 | June 26, 2013


PADANG – Persoalan pangan di negeri ini masih butuh perhatian dan kepedulian semua pihak. Generasi muda sebagai penerus bangsa, mesti peduli terhadap kondisi tersebut agar ketahanan pangan yang menjadi cita-cita rakyat Indonesia tercapai. Negara pun bisa tangguh.

“Kita hadir di sini dalam kegiatan Pramuka tingkat siswa SMA adalah momentum mencetak generasi yang peduli dalam menjaga ketahanan pangan nasional di masa mendatang. Kita harus bangkitkan semangat itu,” kata Menteri Pertanian Suswono saat membuka Perkemahan Satuan Karya Pramuka Tarunabumi (Pertikabumi) ke-5 tingkat nasional, Selasa (25/6) di Lubuk Minturun, Padang.

Suswono mengatakan, tanggung jawab besar yang dimiliki generasi muda akan bisa terlaksana, jika komitmen dan kepedulian terhadap pangan tertanam dalam hati. Makanya, melalui perkemahan ini para generasi muda diharapkan saling berbagi informasi dan pengalaman di bidang pengembangan pertanian.

Bahkan Suswono menegaskan, jika ketahanan pangan terwujud, maka hal itu adalah bagian dari upaya menjaga ketahanan nasional. Sebab ketahanan pangan, sesungguhnya berkorelasi kuat dengan ketahanan nasional. Ketahanan pangan tak tercapai atau kerawanan pangan yang terjadi, berpotensi merapuhkan ketahanan nasional. “Ini mesti dicamkan betul. Di tangan generasi muda, semua berada,” kata Menteri.

Hal senada juga dikatakan Gubernur Irwan Prayitno. Melalui ajang perkemahan itu, peserta Pramuka dapat saling berbagi pengalaman bidang pengembangan pertanian di wilayah masing-masing, baik tentang bercocok tanam yang baik dan melakukan pemeliharaan yang tepat terhadap komoditas yang dikembangkan.

“Namum yang paling penting tertanamnya kemauan dan kepedulian peserta Pertikabumi terhadap sektor pertanian, serta berpikir untuk berinovasi dan berkreasi terhadap pengembangan teknologi pertanian,” kata gubernur.

Menurut dia, Pertikabumi sebagai wadah untuk mencetak kader-kader di bidang pertanian, karena sejak dari siswa sudah dibekali skill sehingga selalu menjadi motivasi dan fisik mereka pun kuat dengan kegiatan tersebut.

Ikut memberikan sambutan Ketua Kwarnas Pramuka Hasrul Azwar dan Kwarda Sumbar Muslim Kasim. Muslim menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan selama sepekan dengan peserta 1.400 peserta se-Indonesia itu merupakan momentum untuk meningkatkan sikap dharma bakti anggota pramuka Saka Tarunabumi dalam mendukung pembangunan pertanian sekaligus menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan dan kemandirian.

Kegiatan bakti fisik yang dilakukan antara lain krida tanaman pangan, krida holtikultura, krida perkebunan, krida peternakan dan krida sektor perikanan pembuatan kolam lele terpal sederhana.

Kegiatan nonfisik meliputi penyuluhan ke peserta tentang Sekolah Lapangan Petani Tanaman Terpadu (SLPTT) dan mengenai benih holtikultura bersertifikat.

Kemudian pertemuan generasi muda, gelar teknologi, pergelaran seni dan budaya, serta festival kuliner nusantara, juga dilengkapi dengan cerdas cermat dan lainnya.

“Kita berharap dengan beragam kegiatan pada Pertikabumi dapat terbentuk watak dan kepribadian dan budi pekerti peserta untuk menjadi kader pembangunan pertanian yang handal di masa depan,” kata Muslim.[hariansinggalang.co.id]


posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger