Home » , » Waspadai Kabut Asap, Warga Diminta Kurangi Kegiatan Di Luar Ruangan

Waspadai Kabut Asap, Warga Diminta Kurangi Kegiatan Di Luar Ruangan

Written By mediapkspadang on 04 September, 2015 | September 04, 2015

PADANG – Kabut asap akibat kebakaran hutan yang melanda beberapa provinsi tetangga, yakni Riau, Jambi dan Sumatera Selatan, akhir-akhir ini juga tengah menyelimuti Kota Padang.

Berdasarkan kondisi tersebut, Kota Padang pun telah dinyatakan dalam status siaga. Hal ini juga ditambah, dengan didapatinya hasil pengujian kualitas udara Kamis (3/9) kemarin, yang mencapai 209,36 g/nm3 atau dalam kategori udara tidak sehat.

Menyikapi hal itu, pada Jumat (4/9), Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo bersama Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang dan Bapedalda Kota Padang, langsung mencanangkan untuk membagikan masker bagi anak-anak di beberapa Sekolah Dasar (SD) di Kota Padang.

“Jadi untuk ini, saya harapkan kepada para majelis guru, agar dapat mengingatkan orang tua murid, tetangga dan lingkungan sekitar. Bahwa kondisi udara saat ini mulai mengkhawatirkan, karena bisa menimbulkan penyakit pada gangguan pernafasan. Untuk itu, mari kita mengantisipasinya dengan mengurangi aktifitas di luar ruangan dan memakai masker saat keluar ruangan ataupun dalam berkendara,” himbau walikota di sela kegiatan pembagian masker.

Disamping itu wako juga menyampaikan, kepada warga kota untuk menghindari membakar sampah dan menyarankan sampah dibuang ke tempatnya dan kontainer yang telah tersedia. Karena, membakar sampah dapat menambah polusi asap dan kondisi udara pun semakin memburuk.

“Untuk itu, marilah kita sama-sama berdoa, semoga kabut asap ini berkurang jumlahnya dan hujan turun dalam waktu dekat. Semoga saja, kabut asap ini hilang dan udara kembali baik seperti semula,” tuturnya.

Setelah itu, Kepala DKK Padang melalui Sekretarisnya, Nazarrudin menyebutkan, pembagian masker kali ini, merupakan suatu upaya yang dilakukan agar masyarakat khususnya anak-anak sekolah bisa terlindungi dari bahaya kabut asap. Sebagaimana diketahui, kabut asap ini dapat menimbulkan penyakit pada gangguan Insfeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

“Kali ini kita telah mencanangkan dan membagikan masker ke beberapa sekolah di Kelurahan Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat. Untuk pencanangannya kita lakukan di 4 SD yakni SD 04, SD 13, SD 21 dan SD 03. Besok, akan kita lanjutkan ke seluruh sekolah melalui perwilayah kerja pada 22 Puskesmas se Kota Padang. Untuk ini, telah tersedia 200 ribu masker yang akan dibagikan,” imbuhnya. [Humas dan protokol kota Padang]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger