Home » , » Walikota Padang Serahkan Bantuan Operasional RT, RW dan LPM

Walikota Padang Serahkan Bantuan Operasional RT, RW dan LPM

Written By mediapkspadang on 03 November, 2015 | November 03, 2015

PADANG - Para pengurus RT, RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Padang diberikan bantuan operasional yang terus ditingkatkan setiap tiga bulan. Hal ini diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan partisipasi dalam mengurus warga.

Menurut Walikota Padang Mahyeldi Dt. Marajo, pemberian bantuan operasional tersebut sebagai pengganti uang lelah bagi pengurus RT, RW dan LPM yang telah mengurus warga. Adanya elemen yang dipilih warga melalui mekanisme pemilihan tersebut juga telah membantu pelaksanaan semua program pemerintah.

"Kita sangat menghargai pengabdian para pengurus RT, RW dan LPM, dalam pelaksanaan program pemerintah, untuk itu Pemko Padang menganggarkan bantuan operasional bagi mereka sebagai ujung tombak pemerintahan," kata Mahyeldi saat penyerahan bantuan operasional bagi RT,RW dan LPM se-Kota Padang di Masjid Darul Hujaj, Asrama Haji, Tabing Padang, Senin (2/11).

Walikota menambahkan, Pemerintah Kota Padang menganggarkan bantuan operasional RT, RW dan LPM sebesar Rp 10 milyar di tahun 2015. Dan akan terus ditingkatkan hingga menjadi 200 persen sampai 2019 nanti. Pada kesempatan yang dihadiri para RT, RW, Lurah dan Camat ini, Walikota juga menyampaikan berbagai program yang harus dikawal hingga di tingkat RT. Terutama tentang program Padang Bersih yang sudah dicanangkan sejak awal 2015. Bagi warga yang melanggar Perda 21 Tentang pengelolaan sampah bakal ditipiringkan dan dikenai sanksi 3 bulan kurungan dan denda sebesar-besarnya Rp.5 juta.

"Untuk itu Lurah melalui RT dan RW harus menggencarkan sosialisasinya agar Padang yang bersih dan nyaman dapat diwujudkan," tegas Mahyeldi.

Dikatakan, RT dan RW sangat berperan menjaga suasana yang kondusif dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman terkait menghadapi agenda-agenda pemerintah. Terlebih dewasa ini Kota Padang akan menjadi tuan rumah beberapa kegiatan besar. Diantaranya City Sanitation Summit yang akan dihadiri delegasi dari 444 kabupaten/kota se-Indonesia pada bulan November ini, juga pada April 2016 akan hadir angkatan laut dari 30 negara dalam agenda Naval Seal Komodo.

"Peran RT dan RW serta LPM sangat diharapkan dalam menjaga situasi dan kondisi lingkungan agar Kota Padang tetap kondusif dan nyaman dikunjungi. Dengan banyaknya orang berkunjung ke Padang nantinya akan mendorong percepatan tumbuhnya ekonomi masyarakat," tukuk Mahyeldi. [humas pemko]


posted by @Adimin
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger