Home » , » Parpol Pelajari Hasil Survei

Parpol Pelajari Hasil Survei

Written By Unknown on 13 May, 2013 | May 13, 2013



Padang - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih akan menunggu hasil survei terkait tingkat popularitas, elektabiltas, dan acceptabilitas dari calon yang mengapung sebagai Bakal Calon Wali Kota (Bacawako) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota (Bacawawako). Ini dilakukan guna menentukan arah koalisi parpol yang akan mendampingi calon tunggal PKS yakni Mahyeldi.

Ketua DPD PKS Muhidi mengatakan, pada Juni mendatang PKS baru akan menyikapi trend survei calon yang mengapung. Saat ini, PKS masih melirik dan meraba-raba arah koalisi yang akan dibangun dengan partai yang kira-kira bisa seirama sehingga bisa bersama membangun daerah dan bangsa.

”Semua partai sama saja, masih ada kemungkinan koalisi. Waktu masih panjang, kita masih tetap terus berkoordinasi dengan semua partai,” jelas mantan anggota DPRD Kota Padang ini.

Terkait berita yang santer memasangkan PKS-PAN, ia menampik hal tersebut. Ia mengaku, belum membicarakan secara intens terkait rencana koalisi dengan PAN. Pihaknya mengaku hanya berdialog secara umum saja, begitu juga dengan partai lainnya.

”Kita memang membutuhkan waktu untuk berpikir. Kita akan lebih melihat calon yang diusung. Karena target kita adalah menjadi pemenang. Jadi kita akan memantau hasil trend survey yang ada. Siapa calon yang trendnya positif dan naik hal ini yang akan dikaji terus. Ketika ada survei calon dan trennya positif, kita ajak serius dengan kandidat ini,” jelasnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Januardi Sumka mengatakan, saat ini masih menunggu surat yang diajukan oleh DPC, DPD ke DPD. Oleh karena itu, Partai Demokrat saat ini masih menunggu SK Tim 9 yang akan diterbitkan oleh DPP. ”Mudah-mudahan saja ketika acara kampanye pada Pilkada Sawahlunto nantinya, yang akan dihadiri Marzuki Alie sudah bisa kita terima SK itu,” katanya.

Dikatakan, saat ini PD hanya menunggu keluarnya SK itu, jika sudah diterbitkan, maka pihaknya bersama tim 9 akan siap berkerja melakukan debat visi dan misi yang telah direncanakan sejak awal. Debat visi misi ini, akan diselenggarakan diruangan terbuka sehingga cawako/wawako tersebut dapat dinilai secara langsung oleh masyarakat.

Nantinya, yang akan dinilai dalam debat visi misi itu diantaranya, kecerdasan, intelektual, wawasan, pemahaman terhadap persoalan kota padang, dan menguasai persoalan kota padang. ”Penyelenggaraan debat visi misi itu, akan dinaungi langsung oleh Tim 9. Selain Tim 9 yang menilai, penilaian pun akan diambil dari tokoh masyarakat, akademisi dan yang utama dari  masyarakat,” ujarnya.

Usai melaksanakan debat visi misi kemudian akan dilakukan survei. Setelah itu, barulah ditetapkan calon yang akan diusung dari Partai Demokrat untuk bersaing dalam Pilkada mendatang. Beberapa calon yang telah mendaftarkan diri ke Partai Demokrat untuk maju sebagai cawako/wawako di antaranya, Januardi Sumka, Yultekhnil, Masrizal, Zulherman, Firdaus Ilyas, Desri Ayunda, Emma Yohana, Azwin, Ferianto Gani, Yusman Kasim, James Halleyward.

Sementara itu, Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat, Sabar AS mengatakan partai democrat dalam hal ini memiliki target menang, sehingga akan serius melakukan penjaringan selanjutnya yang akan diambil alih oleh tim 9. Tim 9 yang bersifat ad hock, saat ini masih menunggu SK pembentukan dari DPP.

”Biasanya dalam pengajuan itu, tidak dalam waktu yang terlalu lama. sehingga nanti diharapkan tim ini  bekerja untuk melakukan penilaian dan pengkajian terhadap berkas bacalon mengani kompetensi, komitmen, elektabilitas, serta wawancara terhadap bakal calon dan juga survey. nah dari hasil penjaringan dilakukan dilaporkan ke DPD.  Selanjutnya tim 9 ini yang akan memberikan rekomendasikan ke DPP dan menetapkan pasangan calon yang diusung Demokrat,” ujarnya. (cr21)

*Pos Metro Padang, 10 Mei

posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger