Home » , , » Mahyeldi: Pendidikan yang Terbaik adalah Keteladanan

Mahyeldi: Pendidikan yang Terbaik adalah Keteladanan

Written By Unknown on 05 June, 2013 | June 05, 2013



Padang -- Pendidikan karakter bukan hanya untuk membentuk karakter para peserta didik, akan tetapi juga untuk meningkatkan kopetensi guru dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar. Dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik sangat diperlukan keteladan karakter dari seorang guru. Pendidikan yang terbaik adalah keteladanan guru kepada muridnya

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP kepada jajaran Dinas Pendidikan Kecamatan Nanggalo Kota Padang, Kepala Sekolah, dan Majelis Guru se-Kec. Nanggalo pada acara peringatan Israj Mi’raj di Masjid Raya Nagari Nanggalo Surang Gadang, Selasa (4/6).

Dijelaskan Mahyeldi, karakter seseorang akan terbentuk melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, tanpa pembiasaan akan sulit mengaplikasikannya, karena karakter ini sangat berkaitan dengan perilaku seseorang dalam kehidupan.

“Ketika seorang guru menjadi teladan bagi muridnya, dengan sendirinya karakter murid akan tercipta,” ujar Mahyeldi.

Lebih lanjut dijelaskan, peran strategis kepala sekolah dan guru merupakan ujung tombak pendidikan karakter yang harus memiliki pengetahuan dan keterampilan sekaligus memiliki kualitas perilaku yang mencerminkan karakter seorang pendidik, memiliki kecakapan hidup, sehingga dapat menjadi panutan bagi peserta didik dan lingkungan sekolah.

“Upaya pembentukan karakter juga tidak semata-mata hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga dalam keluarga, masyarakat, dan lingkungan dimana saja kita berada, dan masyarakat memiliki peran besar dalam membentuk karakter yang baik” terang Mahyeldi.

Ditambahkan, hanya guru yang berkarakter, dengan memiliki kopetensi yang akan berhasil dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidik, sehingga kepuasan akan tercapai apabila anak didiknya berhasil. [lil/Minangkabaunews] 


posted by @A.history
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Web | PKS Padang | Mas Temp
Copyright © 2011. PKS KOTA PADANG - All Rights Reserved
Template Created by PKS Padang Published by Mas Temp
Proudly powered by Blogger